Tips Menjaga Kesehatan Empedu Agar Pencernaan Lancar

Menjaga kesehatan tubuh Anda adalah penting. Seperti komponen lain dari sistem pencernaan, gangguan pencernaan juga akan berdampak pada proses pencernaan.

Empan adalah cairan yang berfungsi untuk menghilangkan lemak agar lebih mudah diserap. Cairan ini diproduksi oleh hati, kemudian disimpan sementara di kantong empedu dan mengalir ke saluran drainase jika perlu. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ambil untuk menjaga kesehatan empedu.

Cara sederhana untuk menjaga empedu Anda tetap sehat

Menjaga kesehatan empedu dapat dicapai melalui diet dan gaya hidup. Berikut ini adalah detailnya.

1. Makan makanan sehat yang sehat
Makanan sehat untuk lean rendah lemak dan kolesterol, dan tinggi serat dan protein. Karena itu, Anda harus merekomendasikan menggunakan makanan seperti:

  • biji-bijian utuh seperti gandum dan beras merah
  • ikan, ayam, dan daging merah tanpa lemak
  • buah-buahan dan sayuran
  • produk susu rendah lemak
  • kacang kenari, biji rami, dan minyak sayur

Konsumsi makanan tertentu seperti kopi dan selai kacang dianggap membantu menjaga kesehatan kandung empedu Anda. Namun, ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut dan Anda masih disarankan untuk menggunakan jumlah yang masuk akal.

2. Keterbatasan pada jenis makanan
Jika ada makanan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan empedu, juga makanan yang bisa memiliki efek sebaliknya. Jenis makanan ini mengandung banyak karbohidrat olahan dan lemak jenuh. Coba batasi, atau hindari makanan berikut:

  • makanan olahan beberapa kali
  • makanan goreng
  • daging merah tinggi gemuk
  • produk susu tinggi lemak seperti es krim, keju dan mentega

3. Pertahankan berat badan yang tepat
Obesitas, operasi penurunan berat badan, dan jenis diet tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit kandung empedu. Sebisa mungkin, jaga berat badan Anda di bawah kendali dan mulailah bergerak untuk menjaga empati Anda tetap sehat.

Jika Anda merasa sedih, cobalah untuk memperlambat. Tidak memerlukan diet ketat untuk menurunkan berat badan secara drastis, karena ini akan merangsang hati untuk membuka lebih banyak kolesterol di empan.

Akibatnya, keseimbangan komposisi empuk terganggu dan memicu pembentukan batu empedu.

4. Tingkatkan gaya hidup Anda
Salah satu gangguan paling umum yang terjadi pada pembalut adalah refluks empedu. Kondisi ini ditandai oleh peningkatan lambung, dan dalam kasus yang jarang terjadi dapat naik ke kerongkongan. Tidak sering, refluks empedu terjadi bersamaan dengan refluks asam lambung (GERD).

Selain makan makanan empanal yang sehat, Anda juga dapat membantu mencegah refluks dengan meningkatkan gaya hidup Anda. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

  • makan porsi kecil
  • Pertahankan tubuh Anda selama 2-3 jam setelah makan
  • tidur di bantal tinggi
  • tidak merokok
  • menghindari konsumsi alkohol
  • jaga tubuh Anda rileks

Selain berguna untuk kelangsungan sistem pencernaan, menjaga empedu yang sehat juga penting dalam mencegah kondisi berbahaya lainnya seperti batu empedu dan kanker kandung empedu.

Belum terlambat jika Anda ingin memulai gaya hidup yang lebih baik untuk kesehatan sistem pencernaan Anda. Mari kita mulai dengan mengubah kebiasaan makan sehari-hari menjadi lebih sehat.

Baca juga: