Penyebab Badan Mudah Pegal dan Cara Mengatasinya

Mungkin Anda adalah satu dari banyak orang yang sering mengalami nyeri otot dan rasa sakit, tanpa mengetahui apa penyebab sebenarnya. Nah, kali ini saya akan menjelaskan berbagai penyebab sakit dan nyeri tubuh yang mudah, dan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Ini menyebabkan rasa sakit dan sakit fisik yang mudah

Pada dasarnya, tubuh bisa menjadi perih karena beberapa hal. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, penggunaan narkoba, hingga kondisi kesehatan tertentu. Lihatlah penjelasan lengkap di bawah ini.

1. Kelainan pada otot
Hati-hati jika tubuh Anda mudah sakit. Gangguan ini bisa disebabkan oleh kelainan otot. Kelainan otot termasuk kram, keseleo dan fibromialgia atau gangguan otak menerima sinyal nyeri yang ditandai dengan nyeri muskuloskeletal (tulang dan otot) dan miositis atau peradangan otot.

2. Akumulasi asam laktat
Artinya, akumulasi asam laktat juga bisa menjadi penyebab nyeri otot lainnya. Biasanya akumulasi ini terjadi setelah melakukan latihan yang intens atau berlebihan dan aktivitas berat lainnya.

Contoh kegiatan yang dapat memicu asam laktat adalah latihan maraton, mengangkat benda-benda berat selama beraktivitas, latihan otot-otot saat berolahraga atau melakukan pekerjaan fisik yang intens setiap hari.

3. Stres
Selain gangguan kondisi fisik, gangguan kesehatan mental juga bisa menjadi penyebab rasa sakit yang mudah dan rasa sakit fisik.

Mengapa demikian? Orang dengan banyak pikiran seringkali tegang karena masalah yang mereka hadapi membuat mereka mudah panik, pusing dan stres. Sementara dalam keadaan tegang, otot-otot tubuh juga menjadi tegang, sehingga lama-kelamaan tubuh menjadi sakit.

Orang yang panik dengan mudah dan membuat semua masalah mereka menjadi beban di pikiran mereka akan lebih sering mengalami gejala kekakuan dan ketegangan pada otot yang berakhir dengan nyeri dan nyeri otot. Ceritanya berbeda dibandingkan dengan orang yang bisa lebih rileks sepanjang hidup dan tidak terlalu memikirkan masalah yang mereka hadapi secara berlebihan.

4. Penggunaan obat-obatan tertentu
Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menjadi pemicu sakit dan nyeri otot. Obat anti kolesterol seperti statin (atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, pravastatin, rosuvastatin dan simvastatin), misalnya, dapat menyebabkan efek samping seperti nyeri otot.

5. Demam
Ketika Anda demam, tubuh Anda akan menghasilkan prostaglandin. Zat ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi peradangan (peradangan) di seluruh tubuh, dengan mudah menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada tubuh.

Cara mengatasi rasa sakit dan kelemahan tubuh
Meski tubuh mudah sakit, ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Lakukan ini dengan:

1. Minum obat penghilang rasa sakit
Obat penghilang rasa sakit yang dapat digunakan untuk mengobati sakit tubuh adalah obat yang dapat diandalkan dengan formula efektif yang mengandung ibuprofen dan parasetamol. Kedua obat ini relatif ringan dan aman dibandingkan dengan obat pereda nyeri.

Keduanya bekerja secara efektif dengan saling melengkapi dan dapat digunakan oleh siapa saja dengan keluhan nyeri otot.

Obat anti-inflamasi non-steroid ini bekerja pada reseptor atau saraf sensorik, di mana mereka menerima peradangan, peradangan atau rasa sakit. Jika saraf sensorik menerima sinyal stimulus inflamasi, obat ini dapat memblokir atau mencegah peradangan sehingga rasa sakit tidak terjadi.

Ini terjadi karena ibuprofen dan parasetamol menghambat enzim siklooksigenasi untuk mencegah pembentukan prostaglandin. Prostaglandin sendiri adalah bahan kimia yang bisa memicu rasa sakit di tubuh.

Parasetamol juga dapat mempengaruhi suhu tubuh dengan mengurangi panas. Jadi jika rasa sakit diikuti oleh demam, obat ini juga bisa digunakan untuk menurunkan suhu tubuh.

2. Perpanjangan
Pada prinsipnya, semakin fleksibel otot, semakin kecil kemungkinan otot-otot ini menjadi kaku. Jadi lakukan aktivitas yang dapat melenturkan otot Anda.

Salah satu hal termudah untuk dilakukan adalah meregangkan atau meregangkan otot Anda karena Anda dapat melakukannya kapan saja, di mana saja. Apalagi jika Anda cenderung kurang bergerak setiap hari karena Anda terlalu banyak duduk.

3. Berenang
Olahraga juga bisa menjadi alternatif agar tubuh tidak mudah teriritasi. Secara umum, semua jenis latihan, jika dilakukan dengan benar, dapat membantu mengatasi masalah sakit dan nyeri. Namun, berenang adalah jenis olahraga yang paling efektif untuk mengurangi rasa sakit jika dilakukan secara rutin.

Hal yang perlu diperhatikan ketika berenang adalah memilih kolam. Yang terbaik adalah berenang di kolam renang dalam ruangan untuk mengurangi paparan udara dingin dan angin, karena keduanya memiliki potensi untuk meningkatkan rasa sakit dan sakit.

4. Pijat

Salah satu perawatan rumah yang bisa dilakukan adalah pijat. Meski begitu, pijat hanya boleh dilakukan pada beberapa bagian pada tubuh seperti pada tangan dan kaki. Namun, jika Anda merasa pegal pada area bahu dan punggung, hindari perawatan ini.

Bagian tubuh yang tidak boleh dipijat adalah tulang belakang, dimulai dari leher hingga tulang ekor. Hal ini disebabkan Anda atau tenaga yang memijat Anda belum tentu mengetahui kondisi kesehatan tulang belakang Anda. Sering kali peringatan ini diabaikan sehingga terjadi pergeseran pada tulang dan saraf pun terjepit.

Baca juga :