Pengertian Hardware (perangkat keras) Komputer

Definisi perangkat keras atau dalam bahasa Indonesia juga disebut “perangkat keras” – ini adalah salah satu komponen dari komputer, sifat instrumen yang dapat dilihat dan disentuh secara langsung atau dalam bentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Perangkat keras dapat beroperasi berdasarkan perintah yang diberikan atau apa yang juga disebut set perintah. Menggunakan perintah yang dipahami oleh perangkat keras, perangkat keras dapat melakukan berbagai tindakan yang telah ditentukan oleh pelanggan.

Secara fisik, komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan sistem. Sistem adalah komponen yang bekerja bersama untuk membentuk kesatuan. Jika salah satu komponen tidak berfungsi, itu akan menyebabkan operasi normal komputer. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras. Menurut fungsinya, peralatan komputer dibagi menjadi:

  1.  Perangkat input (unit input)
  2.  Perangkat teknologi (prosesor)
  3.  Perangkat Keluaran (Unit Output)
  4.  Penyimpanan Cadangan (unit penyimpanan)
  5.  Periferal (opsional)

Komponen utama komputer terdiri dari input, pemrosesan, output, dan penyimpanan. Perangkat input terdiri dari keyboard dan mouse, perangkat pemrosesan adalah mikroprosesor (ALU, interkom, register dan bagian kontrol), perangkat output terdiri dari monitor dan printer, memori penyimpanan eksternal terdiri dari hard disk, drive disket, CD-ROM, pita magnetik Memori internal terdiri dari RAM dan ROM.

Sedangkan komponen Periferal adalah komponen opsional atau komponen yang tidak ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen periferal tersebut meliputi, misalnya: kartu TV tuner, modem, kartu tangkap.

1. Blok input (perangkat input)

Blok ini berfungsi sebagai sarana memasukkan data dari luar ke dalam memori dan prosesor untuk diproses untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Perangkat input atau perangkat input yang biasa digunakan oleh komputer pribadi (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah perangkat yang menghubungkan pengguna (pengguna) dengan komputer.

Hardware (perangkat keras)

Selain itu, ada joystick, yang biasanya digunakan untuk game atau game komputer. Kemudian pemindai mengambil gambar dalam bentuk gambar digital yang nantinya bisa dimanipulasi. Touchpad, menggunakan sentuhan jari, pengguna dapat melakukan proses mengakses file. Mikrofon, untuk merekam audio ke komputer.

Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berupa input sinyal dan input layanan. Sinyal input disajikan sebagai data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, dan input untuk pemeliharaan disajikan sebagai program yang digunakan untuk memproses data yang dimasukkan.

Dengan demikian, perangkat input selain digunakan untuk entri data juga dapat digunakan untuk masuk ke program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  •  Pembatalan input secara langsung, yaitu input diproses langsung oleh alat pemrosesan. Contoh: keyboard, mouse, layar sentuh, pena cahaya, tablet grafis, pemindai.
  •  Peralatan input tidak langsung, input melalui media tertentu sebelum input diproses oleh perangkat pemrosesan. Contoh: kartu berlubang, floppy disk, hard drive.

Blok input atau perangkat input ini terdiri dari beberapa jenis perangkat, yaitu:

a. keyboard

Keyboard adalah unit input paling penting saat memproses data menggunakan komputer. Keyboard dapat berfungsi untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus dan sebagai pembawa bagi pengguna (pengguna) untuk melakukan perintah lain yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin tik, yang dibuat dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, dan pada tahun 1887 diproduksi dan dijual oleh Remington.

Keyboard yang digunakan saat ini adalah tipe QWERTY, pada tahun 1973 keyboard tersebut diperkenalkan sebagai keyboard standar ISO (International Organization for Standardization).

Jumlah tombol pada keyboard ini adalah 104 tombol. Sekarang kita tahu bahwa keyboard memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, PS2, USB dan nirkabel.

Jenis keyboard:

  1.  QWERTY
  2.  TAMAN
  3.  CLOCKENBERG

Keyboard yang biasa digunakan adalah keyboard QWERTY, yang terlihat seperti tombol pada mesin tik. Keyboard QWERTY terdiri dari empat bagian, yaitu:

  • kunci untuk mesin tik
  • tombol angka
  • tombol fungsi
  • tombol fungsi khusus.

b. mouse

Mouse adalah perangkat input (perangkat input). Fungsi alat ini adalah untuk dengan cepat memindahkan pointer atau kursor. Selain itu, ini bisa menjadi perintah yang praktis dan cepat dibandingkan dengan keyboard.

Mouse mulai digunakan sebanyak mungkin dengan sistem operasi berdasarkan antarmuka pengguna grafis. sinyal listrik ke perangkat mouse dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, tergantung pada perpindahan atau pergerakannya.

Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, biasanya hanya dua tombol yang digunakan, tombol kiri dan kanan. Saat ini, mouse juga dilengkapi dengan tombol gulir (scroll), di mana lokasi tombol ini berada di tengah. Istilah “aksen” pada tombol kiri disebut klik (Klik), di mana aksen ini akan berfungsi jika mouse berada pada objek yang ditunjukkan, tetapi jika tidak pada objek yang ditunjukkan, aksen ini akan diabaikan.

Selain itu, ada istilah lain yang disebut sliding (dragging), di mana tombol kiri mouse ditekan tanpa melepaskannya saat bergerak. Seret ini akan menyebabkan objek memindahkan atau menyalin objek lain dan fitur lainnya. Mengklik dua kali tombol kiri mouse dengan cepat dan teratur disebut klik dua kali, dan mengklik kanan tombol mouse disebut tombol kanan mouse. Mouse terdiri dari beberapa port, yaitu mouse serial, mouse ps / 2, mouse usb, dan mouse nirkabel. ,

c. Panel sentuh

Blok input ini biasanya dapat ditemukan di laptop dan laptop, yaitu dengan sentuhan jari. Biasanya blok ini bisa digunakan sebagai pengganti mouse. Selain panel sentuh, ada model perangkat input yang serupa, yaitu: joystick dan trackball.

e. Pena cahaya

Pena cahaya adalah penunjuk elektronik yang digunakan untuk mengubah dan mendesain gambar pada layar (monitor). Pena cahaya memiliki sensor yang dapat mengirim sinyal cahaya ke komputer, yang kemudian direkam di mana layar monitor bekerja, merekam enam sinyal elektronik per baris per detik.

e. Joy Stick and Paddle Games

Alat ini biasa digunakan dalam permainan komputer. Joystick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan game dengan dayung biasanya kotak plastik persegi atau persegi yang dilengkapi dengan tombol yang akan mengontrol pergerakan suatu objek di komputer.

Sumber : https://www.videomax.co/