Manfaat Bayam Merah Ini Tidak Kalah dengan Bayam Hijau

Bagi Anda yang sering mengonsumsi bayam hijau, tidak ada salahnya mencoba sedikit variasi dengan mencoba bayam merah. Selain warna yang menarik, manfaat kesehatan bayam merah tidak kalah dengan bayam hijau.

Bayam merah berasal dari keluarga Amaranthacea dari genus Amaranthus dan juga dikenal sebagai bayam Cina. Meskipun kurang populer di Indonesia, tanaman yang memiliki daun merah atau keunguan ini sering digunakan untuk menggantikan bayam hijau yang biasa kita temui.

Manfaat bayam merah untuk kesehatan

Manfaat Bayam Merah

Manfaat Bayam Merah

Bayam merah yang teruji secara klinis kaya serat dan zat besi. Selain itu, ia juga mengandung antioksidan yang semua bahan ini bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Banyak nutrisi yang terkandung dalam bayam merah, khususnya vitamin C (60,33%), mangan (49,43%), zat besi (37,25%), kalsium (27,60%) dan vitamin A (26,14%) .

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa kandungan protein, kalsium dan zat besi bayam merah lebih tinggi dari bayam hijau. Semakin tua bayam merah, semakin tinggi kandungan besi mereka.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari bayam merah yang bisa Anda rasakan.

Pencernaan yang sehat
Kandungan bayam merah serat tinggi dapat menyehatkan saluran pencernaan, bahkan aman untuk dikonsumsi oleh pasien kanker usus besar. Selain itu, makanan berserat seperti bayam merah juga cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan, menderita diabetes mellitus dan kolesterol tinggi.

Atasi anemia
Bayam merah kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan metabolisme tubuh yang sehat secara keseluruhan. Selain itu, bayam merah juga mengandung vitamin C yang dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Manfaat bayam merah berasal dari kandungan vitamin C yang mampu mengatasi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Vitamin C juga dapat menangkal radikal bebas di lingkungan yang sering dikaitkan sebagai penyebab penuaan dini kanker.

Protein alternatif
Kandungan proteinnya yang tinggi menjadikan manfaat daun bayam merah sebagai sumber protein nabati yang baik. Protein nabati cenderung memiliki kandungan lemak rendah dibandingkan dengan protein daging hewani dan tidak mengandung kolesterol.

Mengatasi rambut rontok
Bayam merah mengandung lisin, asam amino yang dapat merangsang penyerapan energi dan kalsium yang lebih baik dalam tubuh. Selain itu, lisin juga mampu mengatasi masalah rambut sebelum waktunya, seperti rambut rontok dan rambut beruban.

Ini mencegah osteoporosis
Manfaat bayam merah tidaklah aneh mengingat kalsium merupakan salah satu komponen nutrisi paling banyak dalam bayam merah. Kalsium telah terbukti mampu mencegah berbagai penyakit tulang, salah satunya adalah osteoporosis.

Perhatikan ini saat mengolah bayam merah

Bayam merah dapat diproses dengan berbagai cara seperti bayam hijau. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari bayam merah, Anda harus mengkonsumsinya mentah seperti salad.

Bayam merah juga bisa dimasak (bayam merah), dikukus (untuk pecel), ditumis atau diminum sebagai jus. Bayam merah juga bisa menjadi campuran makanan lain seperti pasta atau sup.

Untuk memanfaatkan bayam merah, Anda juga perlu memperhatikan cara pengolahannya. Jangan memasak bayam merah terlalu lama karena akan merusak nutrisi yang dikandungnya, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi bayam merah, terutama jika Anda alergi terhadap lisin. Meskipun manfaat kesehatan dari bayam merah sangat banyak, sayuran ini dapat menyebabkan kolik dan diare, yang menunjukkan bahwa Anda harus membatasi konsumsi makanan kaya nutrisi ini.

Baca Juga :