Alasan Mengapa Ibu Harus Makan Lebih Banyak Saat Menyusui

Tidak hanya selama kehamilan, ibu juga perlu memperhatikan nutrisi yang mereka makan selama menyusui. Mengapa? Karena nutrisi yang ibu makan selama menyusui mempengaruhi nutrisi yang diterima anak dan juga mempengaruhi kecukupan gizi tubuh. Jadi selama menyusui, Anda juga harus memenuhi kebutuhan gizi anak serta memenuhi kebutuhan gizi Anda. Jadi, seberapa pentingkah ibu menyusui makan banyak setelah melahirkan?

Mengapa ibu menyusui harus banyak makan?

Setelah melahirkan, banyak wanita berpikir mengurangi asupan makanan sehingga berat badan berlebih didapat saat kehamilan mulai menghilang. Namun, apakah itu benar-benar ide yang bagus setelah melahirkan?

Mungkin tidak, karena setelah kelahiran ibu masih membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi. Ini karena ibu masih harus menyediakan cukup ASI untuk bayinya selama 6 bulan.

Bagusnya, sang ibu harus mendengarkan kebutuhan energi dan nutrisi tubuh. Setelah melahirkan, nafsu makan ibu bisa meningkat. Ikuti saja! Tubuh Anda memunculkan jawaban yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sendiri. Anda mungkin cepat lapar, ini adalah respons tubuh untuk mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Jangan takut gemuk jika ibu menyusui banyak makan, karena energi yang masuk melalui makanan juga akan digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan susu. Dengan demikian, energi yang masuk tidak menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan penambahan berat badan.

Faktanya, membatasi asupan makanan selama menyusui dapat berdampak buruk pada Anda dan bayi Anda. Kekurangan nutrisi tertentu dapat terjadi dan produksi susu dapat menurun sehingga anak tidak menerima cukup ASI.

Makanan apa yang harus Anda makan saat menyusui?
Lebih baik jika Anda menyusui, makan banyak. Karena ibu menyusui mungkin membutuhkan kalori tambahan sekitar 400-500 kalori sehari. Untuk mendapatkan kalori ekstra ini, Anda dapat memilih makanan yang kaya nutrisi, seperti roti, gandum, nasi, telur, susu, yogurt, pisang, apel, atau buah-buahan lainnya.

Makanan sehat diperlukan untuk meningkatkan produksi ASI, sehingga bayi mendapat cukup ASI. Pastikan ada sumber makanan karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin dan mineral di setiap hidangan yang Anda makan.

Karbohidrat adalah sumber energi utama yang baik untuk tubuh. Anda bisa mendapatkan karbohidrat dari nasi, pasta, pasta, roti, gandum dan gandum. Selain itu, protein juga penting untuk pembangunan dan perbaikan sel yang rusak. Contoh makanan berbasis protein, yaitu ayam, daging, ikan, telur, susu, keju, yogurt, tempe, tahu dan kacang-kacangan lainnya.

Makan berbagai buah dan sayuran juga diperlukan untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Setiap sayuran dan buah mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, sehingga perlu mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran untuk memenuhi semua kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

Pada saat menyusui, makanan kaya kalsium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Tubuh akan mengambil kalsium dari tulang jika lebih sedikit kalsium yang dikonsumsi.

Dengan demikian, itu memperbanyak konsumsi makanan berbasis kalsium selama menyusui. Anda bisa mendapatkan kalsium dari susu, keju, yogurt, brokoli, kacang-kacangan dan ikan tanpa tulang, seperti ikan teri dan ikan sarden.

Baca juga :